Tentang Desa Wisata Ngawen

Desa Wisata Ngawen merupakan desa wisata di Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang yang memiliki banyak lokasi wisata. Desa wisata ini berdiri sejak 24 September 2015atas dasar inisiasi dari warga setempat melihat potensi wisata yang ada dan dapat dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat sekitar. Dengan berdirinya desa wisata ini dianggap mampu melestarikan budaya Desa Ngawen.
Desa Wisata Ngawen dapat digolongkan sebagai salah satu daya tarik wisata yang berpotensi tinggi untuk dikembangkan karena lokasinya yang strategis, dekat dengan lokasi wisata besar lainnya. Desa Wisata Ngawen berjarak 6,5 km dari Candi Borobudur; 5,1 km dari Candi Mendut dan 4,2 km dari Candi Pawon.
Desa Wisata Ngawen memiliki daya tarik utama yaitu Candi Ngawen. Candi Ngawen merupakan candi dengan latar belakang agama Budha yang telah diinventaris oleh BPCB Jawa Tengah dengan No.11-08/Mag/TB/52 dan ditetapkan sebagai cagar budaya dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 173/M/1998 di Jakarta pada tanggal 16 Juli 1998. Selain Candi Ngawen, daya tarik lain yang ada di desa wisata ini adalah river tubing, bumi perkemahan, Sendang Manis, pembuatan makanan khas, dan atraksi naik andong bagi wisatawan yang datang.